Pertemuan 2 Penyajian Data Dalam Bentuk Tabel Dan Grafik


PENYAJIAN DATA DENGAN TABEL DAN GRAFIK

A. PENDAHULUAN
Penyajian data merupakan cara yang digunakan untuk meringkas menata, mengatur atau mengorganisir data sehingga data mudah untuk dimengerti oleh pihak-pihak yang berkepentingan dengan data tersebut.
Secara umum ada dua cara untuk menyajikan data yaitu dengan tabel dan grafik. Kedua cara ini saling berkaitan, karena pada dasarnya sebelum dibuat grafik terlebih dahulu harus dibuat tabelnya.Dari dua cara ini penyajian data dengan grafik merupakan penyajian data yang lebih komunikatif karena dalam waktu yang singkat seseorang akan dapat dengan mudah memperoleh gambaran dan kesimpulan suatu keadaan.

B. Penyajian Data Menggunakan Tabel
Tabel merupakan kumpulan angka-angka yang tersusun berdasarkan kategori-kategori atau karakteristik-karakteristik tertentu sehingga memudahkan untuk dianalisis. Data yang disajikan dalam tabel bisa berupa data cross section atau data time series. Secara umum penyusunan tabel memerlukan identitas judul tabel, judulbaris, judulkolom, badan tabel catatan dan sumber data. Penyajian data dengan tabel bisa berbentuk tabel satu arah, dua arah dan tiga arah.

Contoh Penyajian data Mengunakan tabel :
1.) Tabel Satu Arah
Tabel satu arah adalah tabel yang hanya terdiri dari satu karakteristik atau kategori. Seperti:

1.Jumlah penjualan menurut jenis barang yang ada.
2.Jumlah kelahiran menurut daerah.
3.Jumlah modal dalam negri menurut sektor ekonomi.

Contoh tabel satu arah diatas digunakan untuk mencari jumlah penjualan alat elektronik pada tahun 2019.
2.) Tabel Dua Arah
Tabel Dua Arah Yaitu tabel yang terdiri dari dua karakteristik atau dua kategori seperti :
  1. Jumlah penjualan menurut jenis barang beserta daerah penjualannya.
  2. Jumlah penanaman modal dalam negri menurut sektor ekonomi dan lokasi investasi.
  3. Jumlah Impor menurut Jenis barang dan negara.

Contoh tabel dua arah diatas digunakan untuk mencari jumlah penjualan laptop menurut jenis laptop dan negara pada tahun 2019.

3.) Tabel Tiga Arah
Tabel tiga arah menunjukan tiga karakteristik atau kategori data seperti :
  1. Jumlah Investasi menurut jenis usaha yang ada, negara asal dan lokasi investasi.
  2. Jumlah Produksi menurut, Jam kerja (shift), jenis mesin dan kualitas barangnya.

Contoh Tabel Tiga arah diatas digunakan untuk mencari jumlah masyarakat di berbagai profesi berdasarkan umur, keahlian, dan daerah asal pada tahun 2019

C. Penyajian Data Menggunakan Grafik
Selain menyajikan data dengan menggunakan tabel, kita dapat juga menyajikan data dengan menggunakan gambar-gambar atau grafik. Banyak sekali jenis tampilan data dalam bentuk grafik tetapi pada bagian ini hanya ditampilkan grafik-grafik yang umum dijumpai seperti: Grafik garis (Line Chart), Grafik balok/batang (Bar Chart), Grafik Lingkaran (Pie Chart), dan Pictogram.
Contoh Penyajian data Menggunakan Grafik :
1.) Grafik Garis (Line Chart)
Grafik garis secara umum dibagi menjadi dua bagian yaitu single line chart yang terdiri dari satu garis saja dan multiple line chart yang terdiri dari beberapa garis. Garfik garis baik yang tunggal maupun yang terdiri dari beberapa garis sangat berguna untuk menggambarkan perkembangan suatu kegiatan. Umumnya grafik ini digunakan untuk data yang berbentuk time series yang sekaligus bisa dilihat trend-nya. 



Contoh diatas merupakan bentuk dari grafik garis tipe single line chart yang digunakan untuk menghitung jumlah penjualan alat elektronik pada tahun 2019.

Contoh diatas merupakan bentuk dari grafik garis tipe Multiple line chart yang digunakan untuk menghitung jumlah penjualan laptop pada tahun 2019 di 3 negara pada tahun 2019

2.) Grafik Batang/Balok (Bar Chart)
Grafik batang/balok (Bar Chart) secara umum dibagi menjadi dua bagian yaitu single Bar chart yang terdiri dari satu batang saja dan multiple bar chart yang terdiri dari beberapa batang. Grafik batang baik yang tunggal maupun yang terdiri dari beberapa batang sangat berguna untuk menggambarkan perbandingan suatu kegiatan. Grafi kini digunakan untuk data yang berbentuk cross section dan time series.

Contoh diatas merupakan grafik batang tipe single bar chart untuk mengetahui jumlah penjualan sepeda motor pada tahun 2019


Contoh diatas merupakan grafik batang tipe multiple bar chart untuk mengetahui jumlah penjualan sepeda motor pada tahun 2019
3.) Grafik Lingkaran (Pie Chart) secara umum dibagi menjadi dua bagian yaitu single Pie chart yang terdiri dari satu lingkaran saja dan multiple piechart yang terdiri dari beberapa lingkaran. Garfik lingkaran baik yang tunggal maupun yang terdiri dari beberapa lingkaran sangat berguna untuk menggambarkan perbandingan suatu kegiatan berdasarkan nilai-nilai karakteristik satu dengan yang lain dan dengan keseluruhan (biasanya dalam persentase). Grafik ini digunakan untuk data yang berbentuk cross section.

Contoh diatas merupakan grafik lingkaran untuk menghitung  jumlah pengangguran pada lima kota besar di provinsi jawa barat tahun 2019
4.) Pictogram
Pictogram adalah grafik berupa gambar didalam bidang koordinat XY dinyatakan gambar-gambar dengan suatu ciri-ciri khusus untuk suatu karakteristik. Misalnya untuk menyatakan jumlah mobil pada tahun-tahun tertentu, dapat digambarkan berupa gambar mobil (secara sederhana). Tiap gambar mewakili suatu jumlah tertentu.


Contoh diatas merupakan pictogram untuk mengetahui jumlah mahasiswa yang menyukai  berbagai jenis olahraga



0 Response to "Pertemuan 2 Penyajian Data Dalam Bentuk Tabel Dan Grafik"

Posting Komentar